Kamis, 08 November 2012

manfaat anjak piutang


MANFAAT ANJAK PIUTANG
           
            Dengan adanya jasa dari perusahaan anjak piutang, klien mendapatkan manfaat dari transaksi yang telah dilakukan. Klien mendapatkan kas langsung dari penjualannya dalam bulan berjalan dan tidak perlu menunggu waktu sampai pembayaran dari konsumen. Dengan demikian, likuiditas perusahaan akan lebih terjamin dan modal kerja dapat terus bergulir. Kas yang diperoleh dari perusahaan anjak piutang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan biaya produksi. Biaya produksi dapat dipangkas dengan memanfaatkan diskonto dari para pemasok karena melakukan pembelian tunai. Pembelian bahan baku secara tunai sudah pasti akan mendapatkan diskonto.
            Klien juga dibantu dari sisi administrasi piutang. Klien tidak perlu lagi melakukan penagihan kepada konsumen karena perusahaan anjak piutang yang akan melakukannya penagihan sekaligus memberikan informasi posisi piutang kepada klien. Laporan ini juga akan sangat berguna ketika konsumen mengajukan kembali permohonan pembelian secara kredit.
Bagi klien
Manfaat yang dapat diterima klien terdiri dari :
1.      Manfaat karena menerina jasa pembiayaan,dan
2.      Manfaat yang diterima karena menerima jasa nonpembiayaan.
A. Jasa Pembiayaan
Peningkatan penjualan. Adanya jasa pembiayaan memungkinkan klien melakukan penjualan dengan cara kredit. Penjualan dengan cara kredit ini sebenarnya sulit untuk dilakukan apabila klien mengalami kesulitan modal. Namun dengan adanya jasa anjak piutang, klien mampu menjual secara kredit. Penjualan secara kredit meningkatkan kemampuan dan daya tarik bagi pembeli dengan dana terbatas untuk melakukan pembelian pada klien.
Kelancaran modal kerja. Jasa anjak piutang memungkinkan klien untuk mengonversikan piutangnya yang belum jatuh tempo menjadi dana tunai dengan prosedur yang relatif mudah dan cepat. Tersediannya dana tunai yang lebih besar ini dapat dimanfaatkan oleh klien untuk menandai kegiatan operasional klen seperti pembelian bahan baku, pembayaran gaji pegawai, pembayaran tagihan listrik dan lain-lain.
Pengurangan resiko tidak tertagihnya piutang. Pembiayaan dengan skema without recours memungkinkan adanya pengalihan sebagian risiko tidak tertagihnya piutang kepada factor. Pengalihan risiko ini sangat menguntungkan bagi kelancaran dan kepastian usaha bagi pihak klien.
B. Jasa Nonpembiayaan
Memudahkan penagihan piutang. Jasa penagihan piutang yang diberikan oleh factor menyebabkan klien tidak perlu secara langsung melakukan penagihan piutang kepada nasabah, sehingga waktu dan tenaga karyawan dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan lain yang lebih produktif.
Efesiensi usaha. Jasa administrasi penjualan memungkinkan klien untuk mengelola kegiatan penjualannya secara lebih rapi dan efesien karena administrasianya dikelola oleh pihak (factor) yang sudah lebih berpengalaman.
Peningkatan kualitas piutang. Jasa administrasi penjualan memungkinkan pemberian fasilitas kredit kepada pembeli secara lebih selektif sehingga kemungkinan tertagihnya piutang menjadi lebih tinggi
Memudahkan perencanaa arus kas (cash flow). Jasa investigasi kredit/piutang memungkinkan klien untuk melakukan perkiraan waktu dan jumlah piutang yang dapat ditagih, sehinga memudahkan proyeksi arus kas usaha secara keseluruhan.
Bagi Factor
Manfaat utama yang diterima factor adalah penerimaan dalam bentuk fee dari pihak klien.

Fee tersebut terdiri dari :
Ø  Discount fee/charge. Fee ini dibayarkan oleh klien karena factor memberikan jasa pembiayaan (uang muka) atas piutang yang diberikan oleh factor. Discount fee diperhitungkan sebesar persentase tertentu terhadap besarnya pembiayaan yang diberikan atas dasar :
·         Risiko tertagihnya
·         Jangka waktu
·         Rata-rata tingkat suku bunga perbankan
Ø  Service/charge. Fee ini dibayarkan oleh klien kepada factor karena factor memberikan jasa nonpembiayaan yang nilainya ditentukan sebesar persentase tertentu dari piutang atas dasar beban kerja yang akan dilakukan oleh factor. Semakin  besar volume penjualan, maka fee ini juga semakin besar. Semakin sulit penagihan piutang, maka fee ini juga semakin besar.
Bagi Nasabah
Nasabah memperoleh manfaat berupa :
1.      Kesempatan untuk melakukan pembelian secara kredit. Kehadiran jasa pembiayaan memungkinkan klien untuk melakukan penjualan secara kredit.
2.      Layanan penjualan yang lebih baik. Jasa administrasi penjualan memungkinkan klien melakukan penjualan dengan lebih cepat dan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar