Jumat, 30 November 2012

Wisata goa pindul di Gunung Kidul




 Goa pindul merupakan tempat wisata cave tubing yang belum lama di buka, kira-kira baru satu tahun menjadi tempat wisata. Goa pindul berada di Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul.  Goa  yang panjangnya sekitar 300 meter tersebut  di dalamnya mengalir air yang mengharuskan kita menggunakan ban dan pelampung untuk menyusurinya. Kedalaman air di dalam goa pindul berbeda-beda.

Dengan membayar Rp 30.000 kita sudah mendapatkan paket Cave tubing di goa pindul dengan fasilitas berupa pemandu, pelampung, sepatu, ban karet.
Di depan goa tersebut terdapat prasasti yang menjelaskan asal usul nama gua pindul. Pindul berarti pipi kebendul.
 Sebelum memasuki mulut goa kita harus mengenakan ban, pelampung, dan saling bergandengan tangan agar tidak saling terpisah saat di dalam gua. Dan pemandu akan menarik dan mendorong ban agar para wisata dapat bergerak di dalam goa.

Di dalam goa tersebut di bagi menjadi 3 zona yaitu : zona terang, zona remang, dan zona gelap abadi. Zona terang yaitu dimana kita berada di multu gua di katakan zona terang karena kita masih dapat melihat jelas di sana. Di sana, masih banyak stalaktit yang masih aktif. Di zona remang yaitu dimana zona peralihan antara zona terang dan zona gelap abadi. 



Di zona gelap abadi kita tidak dapat melihat apapun tanpa bantuan penerangan. Di zona itu terdapat stalakmit terbesar yang masih aktif dan biasa di sebut ‘saka’ gua.   Di dalam goa pindul juga masih banyak kelelawar yang tinggal di dalamnya. 

Setelah berjalan terus (berenang) kita sampai ketempat terang dimana di atas gua tersebut ada lubang sehingga ada cahaya masuk dan biasa disebut gua vertical. Di daereah ini kita dapat melepas ban karet dan di ijinkan untuk berenang ataupun melompat-lompat di dalamnya .  di zona ini kita dapat berpuas-puas berenang dan main air sesukanya. Karena itu merupakan tempat akhir sebelum keluar goa.

Ketika menuju ke luar goa kita di ijinkan untuk tidak menggunakan ban karet lagi, melainkan dengan kita berenang untuk keluar gari goa pindul.
 

Di luar goa ada semacam genangan air yang bisa di gunakan untuk bermain-main air. Dan banyak juga para wisata yang berenang-renang dan melompat dari tebing yang tidak terlalu tinggi. Setelah itu kita bisa naik menggunakan tali menuju tempat pertama kita datang.



DIENGPLATEAU.COM -

1 komentar:

  1. Terimkasih sudah membantu share info tentang Goa pindul

    BalasHapus